Jumat, 14 Januari 2011

Cara Mendeteksi dan Menghindari KeyLogger

KeyLogger merupakan software yang berfungsi untuk mencatat seluruh aktivitas pada suatu komputer. Biasanya software ini berjalan secara tersembunyi, hal ini untuk menghindari adanya deteksi dari komputer korban.

Setiap software KeyLogger biasanya mempunyai fitur yang berbeda - beda,
pada dasarnya software ini digunakan untuk mencatat seluruh aktivitas pada keyboard. Namun, seiring dengan kemajuan teknologi, software ini pun terus dikembangkan dengan ditanamkannya fitur - fitur baru dan canggih, misalnya software tersebut bisa mengirim data dari komputer korban melalui email, serta bisa merekam tampilan gambar atau screenshot, dan masih banyak lagi.

Tentunya hal ini cukup berbahaya bagi komputer yang sudah tertanam software ini. Pasalnya, data - data dikomputer korban akan mudah diketahui dan disalahgunakan oleh orang yang tidak bertanggung jawab. Oleh karena itu, penting bagi kita untuk Mendeteksi dan Mengindari KeyLogger pada komputer kita, berikut beberapa tips yang bisa Anda terapkan agar terhindar dari KeyLogger :

1. Untuk mengetahui adanya keylogger di komputer kita memang agak sulit, karena software ini berjalan secara tersembunyi. Namun, ada beberapa cara khusus yang bisa kita gunakan. Jika komputer Anda baru pertama kali dinyalakan, jangan menginstall aplikasi apapun, coba cek kapasitas pada harddisk Anda, kemudian buka notepad, lalu ketikkan huruf apa saja di keyboard, usahakan ketikkan karakter sampai mencapai ribuan, jika terasa karakter sudah cukup banyak diketikkan, silahkan cek kembali kapasitas harddisk Anda, jika ukurannya berubah atau semakin berkurang, kemungkinan komputer Anda telah terinstall keylogger. Karena, keylogger akan menyimpan file log kedalam harddisk, sehingga ini bisa diketahui dari cara tersebut.

2. Untuk cara kedua, kita bisa menggunakan virtual keyboard, salah satu fitur bawaan Windows, yaitu On-Screen Keyboard, software ini berguna untuk menghindari adanya log file yang kita ketikkan melalui keyboard secara langsung. Jadi, software ini berguna sebagai keyboard virtual.



Untuk menggunakan fitur On-Screen Keyboard pada Windows XP, berada di Start > All Programs > Accessories > Accessibility > On-Screen Keyboard.

3. Kita bisa menggunakan software  KL-Detector, software tersebut bisa mendeteksi adanya keylogger pada komputer kita, silahkan download disini, setelah didownload, jalankan program tersebut seperti biasa. Pada jendela License Agreement, klik I Agree. Kemudian klik Next. Pada langkah ini Anda diharuskan untuk mematikan aplikasi yang aktif, termasuk program antivirus. Sebenarnya perintah ini tidak terlalu penting, tetapi kita dianjurkan untuk mengikutinya. Kemudian klik Next lagi, disini kita diharuskan untuk mengetikkan apa saja di notepad. Aplikasi ini akan aktif pada system tray, pertama kali aplikasi ini dijalankan akan mempunyai icon "?" 



 Setelah kita mengetikkan karakter pada notepad dan muncul icon bertanda seru "!", kemungkinan besar komputer kita sudah terinstall software keylogger.


4. Langkah selanjutnya, hindari menggunakan komputer yang dipakai oleh orang banyak, terutama saat akan melakukan hal-hal yang sifatnya pribadi, rahasia dan membutuhkan password, seperti membuka email, membuka dokumen rahasia, dan bertransaksi online. Jika memang tidak ada alternatif lain, pastikan bahwa komputer tersebut aman dari software keylogger

5. Selalu gunakan software Anti-KeyLogger, karena proteksi tidak akan cukup jika hanya mengandalkan antivirus.

6. Perhatikan perangkat fisik komputer, apakah ada yang aneh atau tidak. Terutama pada bagian kabel keyboard.

7. Pantau proses aplikasi yang aktif pada Task Manager, tekan Ctrl+Alt+Delete, kemudian lihat proses aplikasi yang aktif, jika terdapat keylogger, sebaiknya klik "End Proccess"

Tips diatas merupakan cara yang cukup ampuh untuk kita terapkan. Sebenarnya saya sendiri sudah terbiasa dengan software KeyLogger ini. Kenapa? Karena dikomputer saya pun juga terdapat KeyLogger, itupun tidak hanya satu, tetapi terdapat antara 2-3 software yang aktif.

Saya tidak perlu cemas, karena software tersebut memang saya sendiri yang memasangnya. Namun hanya untuk keperluan yang baik [pengawasan anggota keluarga]. Semoga tips diatas bisa bermanfaat dan membuat kita lebih waspada.
Baca selengkapnya »

0 komentar:

Posting Komentar

Copyright © CUNKS BLOG 2010

Template By Adie