Rabu, 21 November 2012

Guide Warrior & Mercenary Dragon Nest

Warrior
Pengenalan Job Warrior



Kutip:
"Warrior cepat dalam tindakannya dan merupakan ujung tombak untuk pertarungan jarak dekat. Dengan karisma dan rasa keadilan yang tinggi, mereka adalah yang pertama untuk mengangkat senjata ketika Lagendia diserang oleh kaum naga"

Warrior merupakan satu dari empat job dasar di Dragon Nest dengan tingkat kesusahan pemula, artinya para pemula dianjurkan memainkan Warrior sebagai karakter utama mereka. Warrior juga dapat diklasifikasikan sebagai job dasar terkuat di Dragon Nest karena mempunyai attack dan defense yang besar. Warrior dapat berubah menjadi 'Swordmaster' atau 'Mercenary' setelah mencapai level 15.


Skill-skill Warrior
Ada 4 macam tipe skill yang ada di Dragon Nest. 'Active', 'Passive', 'Buff' dan 'Debuff'. Semuanya memiliki kegunaan masing-masing tergantung deskripsi skill. Mari kita bahas skill-skill yang akan kamu dapatkan dengan memilih Warrior sebagai job dasar kamu. 


Skill Build Warrior
Sebenarnya tidak ada skill build yang spesifik untuk Warrior. Berikut ini adalah skill build dasar yang saya rekomendasikan saat ini (level 15).


Berikut penjelasan dari skill build diatas:
1. Impact Punch ditingkatkan sampai level 5 untuk dapat mempelajari skill Mercenary yaitu Stomp.
2. Sama halnya Impact Punch, Heavy Slash juga ditingkatkan sampai level 5 untuk dapat mempelajari Flying Swing yang merupakan skill Mercenary.
3. Untuk Rising Slash, sebenarnya saya berniat meningkatkannya sampai level 6 ("Jika kamu meningkatkan skill ini sampai level 6, kamu dapat melakukan uppercut sekali lagi setelah serangan uppercut pertama." yang sangat berguna di PVP). Tapi level 6 Rising Slash hanya dapat dipelajari saat kamu mencapai level 18. Jika kamu tidak terlalu demen PVP, kamu tak perlu mempelajari skill ini.


Mercenary
Pengenalan Job Mercenary
Mercenary merupakan salah satu perubahan job yang dapat kamu capai setelah menempuh level 15 sebagai Warrior. Mercenary merupakan satu-satunya job yang mengandalkan Super Armor yang besar di setiap serangannya, yang mempunyai daya penghancur yang amat tinggi. Semua skill Mercenary berbasis fisik, artinya kamu tidak akan mendapatkan kesultan meningkatkan damage Mercenary. Mercenary juga memiliki banyak skill buff dan debuff yang amat berguna bagi party.

Berikut ini adalah keuntungan (+) dan kerugian (-) dalam bermain Mercenary.
(+) DPS yang besar.
(+) Super Armor yang besar di setiap skillnya.
(+) Sangat gampang meningkatkan attack powernya, karena semua skill ofensif mereka bertipe fisik.
(+) Mempunyai HP dan PDEF yang lumayan besar.
(+) Buff dan debuff yang sangat kuat dan berguna.
(+) Dibutuhkan di dungeon-dungeon besar (yang biasa disebut 'Nest' di game ini), seperti Manticore Nest, Apocalypse Nest, dll. karena mereka mempunyai peran yang beragam sehingga tidak sulit mencari party.
(+) Salah satu job 'setan' di PVP karena eksekusi kombonya yang lumayan gampang. Top 2 job di PVP bersama Paladin saat level 24.
(+) Setelah patch terbaru, Mercenary dapat melakukan semua skill menggunakan kedua senjata, menggandakan kemampuan menyerang Mercenary sehingga membuatnya job yang sangat hebat.
(-) Serangannya lambat.
(-) MDEF yang kecil.


Skill-skill Mercenary
Mercenary mempunyai banyak skill yang saya pisahkan menjadi beberapa kategori. Untuk lebih lanjut, cek skill-skill tersebut dibawah ini.

"Axe" Physical Skills
1. Stomp
Active skill - Menginjak tanah dengan kekuatan yang sangat besar hingga menggetarkan dan menyebabkan gelombang yang luar biasa untuk menyerang musuh disekitar pengguna. Menyebabkan efek 'Slow'.
Merupakan skill yang sangat bagus digunakan di PVP walaupun tidak terlalu bagus di PVE karena damagenya yang tidak begitu berasa. Di PVP, efek slownya sangat menguntungkan, dan dapat digunakan untuk memulai kombo!

2. Demolition Fist
Active skill - Mengumpulkan tenaga di tangan kanan untuk memberikan damage yang besar kepada musuh sambil meluncur kedepan dengan cepat.
Bagus di PVE karena damagenya yang besar, walau AoEnya cukup kecil. Di PVP, skill ini sangat bagus digunakan saat melakukan kombo tembok. Skill ini cukup kuat untuk melontarkan musuh dari tembok dan melakukan serangan kombo selanjutnya.

3. Circle Swing
Active skill - Melompat dua kali kedepan dan mengayunkan senjata dengan keras untuk memberikan damage kepada musuh disekitar.
Skill yang sangat bagus untuk Mercenary, baik untuk PVE maupun untuk PVP! Memberikan damage yang sangat besar dengan waktu cooldown yang sebentar. AoEnya sangat besar dan eksekusinya pun mudah. Sayang, kamu harus menunggu level 26 untuk mendapatkan skill ini.

4. Whirlwind
Active skill - Menggunakan gaya sentrifugal untuk menyerang musuh dengan cara memutarkan badan dengan senjata didepan seperti gasing.
Salah satu skill DPS terkuat untuk Mercenary. Skill ini sangat bagus di PVE dan PVP. Di PVE, skill ini dapat melenyapkan sebuah mob monster dengan gampang, tetapi kegunaannya dapat dimaksimalkan ketika melawan bos. Serangannya sangat besar jika bos tersebut memakan semua hit dari Whirlwind.

5. Axe Tornado
Active skill (Ultimate skill) - Memutar tubuhmu sangat kencang sehingga menciptakan sebuah angin topan yang dahsyat yang akan menyerang musuh-musuhmu berulang kali.
Salah satu skill Ultimate yang akan kamu dapatkan ketika mencapai level 40. Skill ini adalah salah satu skill Ultimate terkuat se-Dragon Nest, karena sifatnya yang membuat musuh tak berkutik dan membuat musuh tak bisa kabur walaupun telah mengupayakan segala cara untuk kabur. Jeleknya, skill ini mempunyai cooldown yang lama serta animasi serangan yang lama pula.
 
"Hammer" Physical Skill
1. Flying Swing
Active skill - Mengumpulkan tenaga pada senjatamu dan menyerang dengan mengayunkan senjatamu ke udara dan membuat musuhmu terhempas keudara. Damage yang kamu terima berkurang ketika diserang saat kamu mengumpulkan tenaga.
Juga merupakan salah satu skill DPS Mercenary. Damage yang dihasilkan sangat besar dengan cooldown yang sebentar, tetapi akan memakan waktu cukup lama saat mengumpulkan tenaga. Di PVP, skill ini bagus digunakan sesaat setelah menipu musuhmu untuk mendekatimu. Damage yang dihasilkan lumayan besar.

2. Punishing Swing
Active skill - Melemparkan bom kecil bertenaga besar ke musuhmu dan menyebabkan ledakan.
Skill yang cukup baik digunakan di PVE, karena sifatnya yang memberikan damage dobel jika kamu cukup dekat dengan musuhmu sangat menggunakan skill ini. Di PVP, skill ini bagus digunakan untuk memulai kombo dari jauh.

3. Bombs Away
Active skill - Menghantam senjatamu ke tanah untuk mengirimkan gelombang ledakan yang luar biasa besar dan kuat.
Skill dengan AoE yang besar, terbesar setelah Circle Swing. Damage yang dihasilkan pun sangat besar. Bagus untuk PVP (sangat efektif digunakan di group PVP), dan PVE untuk menghabisi mob monster.

4. Roll Attack
Active skill - Memutar diudara dengan senjatamu dan mengakhirinya dengan menghantamkan senjata ke tanah dengan kuat sehingga menghasilkan gelombang untuk melukai musuh disekitarmu.
Skill DPS terhebat untuk Mercenary. Dengan cooldown yang lebih sebentar daripada Whirlwind, skill ini mempunyai damage yang lebih besar jika semua hit mengenai musuhmu. Belum lagi AoEnya yang sangat besar. Di PVP, jika kamu berhasil mengenai musuhmu secara sempurna dengan skill ini, nyawa mereka akan terancam..

5. Chaotic Bomb
Active skill - Melempar senjatamu keudara lalu melesat keudara, mengambil senjatamu, dan menghantamkannya sangat kuat ke tanah hingga menyebabkan gempa yang kuat disertai dengan gelombang ledakan yang sangat besar dan menyakitkan dan melontarkan musuh-musuhmu keudara.
Skill Ultimate yang kamu dapatkan setelah level 40. Berbeda dengan Axe Tornado, eksekusi dari skill ini lumayan cepat, dan damagenya pun berbeda dengan Axe Tornado yang bersifat multi hit. Skill ini hanya memberikan 2 hit damage yang besar sehingga sangat efektif digunakan di PVE, hanya saja kamu harus berhati-hati sangat menggunakan skill ini di PVP, karena dapat dihindari dengan mudah. Cooldownnya lebih sebentar dari Axe Tornado.
 
Howling Skills
1. Taunting Howl
Active skill - Mengeluarkan teriakan keras, sangat keras hingga dapat melukai musuhmu. Memberikan threat dan mengurangi attack power serta critical rate mereka.
Salah satu skill yang penting untuk Mercenary. AoE yang dihasilkan skill ini sangat besar sehingga dapat melukai musuh-musuhmu didepan ataupun dibelakang. Menurunkan Attack Power serta Critical Rate mereka sehingga skill ini dapat dibilang debuff yang berguna. Di PVP, skill ini digunakan untuk berbagai kegunaan. Bisa digunakan saat terjepit, ataupun untuk memulai kombo.

2. Crisis Howl
Passive skill - Klik kanan saat diserang untuk mengeluarkan energi yang kuat untuk menjauhkan musuh.
Sangat berguna di PVP, dapat menyelamatkanmu saat diserang dan melakukan serangan balasan.

3. Enervating Howl
Active skill - Mengeluarkan amarahmu melalui gelombang teriakan yang dapat menghilangkan buff musuhmu dan melukai musuh serta memberikan mereka status 'Silence', yakni tidak dapat menggunakan skill dalam waktu tertentu.
Dalam penggunaannya, skill ini memiliki eksekusi yang terbilang susah, karena waktu yang dibutuhkan untuk mengumpulkan energi lumayan berdurasi, saat skill diluncurkan musuh bisa saja menghindar dengan mudahnya terlebih dahulu. Sangat baik digunakan di group PVP atau di PVE untuk tambahan DPS.

4. Battle Howl
Active skill - Mengeluarkan teriakan untuk memberikan energi kepada teman separty. Meningkatkan Attack Power, Critical Rate, dan Stun Rate.
Salah satu buff yang berguna untuk Mercenary. Skill ini amat berguna karena meningkatkan Attack Power serta Critical Rate yang terbilang lumayan besar dalam skala persentase.

5. Deverstating Howl
Active skill - Mengeluarkan raungan yang sangat keras yang dapat melukai serta memberikan efek 'Stun' serta mengurangi Attack Power dan Magic Power musuhmu secara drastis.
Skill debuff terhebat Mercenary. Mengurangi Attack Power dan Magic Power musuhmu sampai 80%, dan berlaku juga untuk bos! No comment on this one guys~

6. Panic Howl
Active skill - Memberikan semangat melalui teriakan untuk memberikan efek Super Armor dan meningkatkan Defense kepada teman separty.
Salah satu buff yang sangat berguna untuk party. Memberikan status Super Armor dan Defense, tak ada yang lebih baik dari skill ini. Iron Skin hanya berguna untuk individual, berbeda dengan skill ini yang bersifat party buff.
 
Other Skills
1. Dash Uppercut
Passive skill - Saat [Dash], klik kiri untuk melakukan uppercut kepada musuh dan melemparkannya keudara.
Skill pembuka dalam sebuah kombo karena bersifat melemparkan musuh keudara. Tanpanya, kemungkinan kamu memenangkan sebuah match akan berkurang drastis.

2. Toughness
Passive skill - Mengurangi damage fisik yang kamu terima.
Terserah antara mengambil skill ini atau tidak, tapi saya anjurkan kamu untuk meningkatkan skill ini, karena pengurangan damage fisiknya lumayan terlihat dalam skala persentase.

3. Soccer Kick Combo
Passive skill - Klik kanan setelah [Soccer Kick], [Rising Slash level 6] dan [Dash Uppercut] untuk menendang musuhmu ke tanah dan menggetarkannya sehinga menimbulkan gelombang untuk melukai musuh di sekitar.
Sangat berguna di PVP. Skill ini dapat mengangkat musuhmu sedikit keudara dan memberikan kesempatan untuk memulai kombo. Pelajari skill ini!

4. Iron Skin
Active skill - Mengaktifkan status [Super Armor] serta mengurangi segala damage yang masuk dan mencegah efek 'Stun'.
Buff untuk individual yang menggambarkan seorang Mercenary. Dengan ini, kamu tidak akan terpukul jatuh, atau terhempas keudara oleh skill apapun. Kamu dapat kabur dengan mudah di PVP serta mendapatkan pengurangan damage yang sangat besar. Makanya, skill ini termasuk skill yang di softbanned di server-server luar. Di PVE, skill ini sangat penting karena skill inilah yang memastikan kamu tetap hidup saat berada didalam dungeon.


Skill Build Mercenary
Berikut ini adalah build dasar yang bisa kamu ikuti untuk caps sekarang ini, yaitu build level 24. 


Level 24 Basic Mercenary Build
Build ini tidak mempunyai fitur yang macam-macam, karena level cap masih dibatasi di 24. Semua skill di build ini dinaikkan untuk kemudahan PVE dan PVP.


*Recommended!* Level 40 Axe Mercenary Build
Build ini merupakan build yang saya rekomendasikan untuk Mercenary level 40 dan yang ingin melanjutkan sebagai Barbarian (perubahan kedua dari job Mercenary) nantinya. Intinya, semua skill diambil kecuali skill Ultimatenya Hammer yakni Chaotic Bomb. Skill Battle Howl ditingkatkan sampai level 2 sebagai persyaratan skill Ultimatenya Axe, Axe Tornado. Whirlwind yang juga merupakan persyaratan Axe Tornado ditingkatkan sampai level 3. Roll Attack juga ditingkatkan sampai level 3 guna memaksimalkan DPS kamu. 

Berikut ini adalah beberapa tips jika kamu berencana untuk mengubah build ini:
- Roll Attack dapat diturunkan ke level 2 bahkan 1 dan sisa SP dapat kamu gunakan untuk meningkatkan level skill lain seperti Battle Howl, Panic Howl dan/atau Toughness, tapi kamu akan mengalami pengurangan damage yang lumayan signifikan dari hal ini.
- Taunting Howl dan Crisis Howl tidak perlu dipelajari jika kamu tak suka dan nggak bakal PVP nantinya.
Sangat tidak dianjurkan. Iron Skin dapat diturunkan menjadi level 2 untuk memaksimalkan skill Battle Howl. Jika kamu rela mengorbankan -10% damage reduction demi meningkatkan daya serang kamu, maka silahkan saja menerapkan hal ini.



Level 40 Hammer Mercenary Build
Build ini merupakan build untuk Mercenary level 40 dan build yang dianjurkan untuk kalian yang ingin melanjutkan profesi menjadi Destroyer nantinya. Sama seperti Axe build, semua skill diambil, dan menyisakan Axe Tornado. Skill Ultimate yang diambil ialah Chaotic Bomb. Panic Howl ditingkatkan sampai level 2 sebagai persyaratan skill ultimate tersebut. Roll Attack harus ditingkatkan sampai level 3, juga sebagai persyaratan Chaotic Bomb. Whirlwind juga ditingkatkan sama seperti Roll Attack untuk memaksimalkan DPSmu.

Berikut ini adalah beberapa tips untuk kamu yang berencana mengubah build ini:
- Seperti yang kamu lihat, skill Battle Howl terpaksa diturunkan ke level 1 agar dapat meningkatkan Panic Howl yang merupakan skill persyaratan Chaotic Bomb. Untuk hal ini, Whirlwind dapat diturunkan menjadi level 2 dan sisa poin dapat kamu setor ke Battle Howl. Saya sangat rekomendasikan hal ini jika kamu ingin meningkatkan skill Battle Howl (Karena Battle Howl adalah skill yang sangat-sangat-sangat-sangat penting untuk meningkatkan Critical-mu yang berarti meningkatkan DPS)
- Melanjutkan kasus diatas, kamu dapat menurunkan Whirlwind ke level 1, hanya untuk memaksimalkan skill Battle Howl. Battle Howl memang sangat-sangat penting.
- Sama seperti Axe build, tidak perlu mempelajari Taunting Howl dan Crisis Howl kalau kamu nggak bakal PVP nanti.







SUMBER
Baca selengkapnya »

0 komentar:

Posting Komentar

Copyright © CUNKS BLOG 2010

Template By Adie